Siapakah yang disebut Pahlawan

 “Sahabat Yang dirahmati Allah, Alhamdulillah Hari ini adalah hari yang istimewa bagi kita yang semua, sebagai Umat Muslim, sebagai Rakyat Aceh dan sebagai bangsa Indonesia. Setiap tahun10 November kita peringati sebagai Hari Pahlawan mengenang peristiwa pertempuran dahsyat 10 November 1945 di Surabaya, saat pejuang kemerdekaan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari serangan tentara Inggris. Takbir “ALLAHU AKBAR” yang di teriakkan Bung Tomo telah mampu membakar semangat para pejuang Indonesia waktu itu, walau 6 ribu pejuang gugur dan syahid di medang perang. Sahabat Yang dirahmati Allah, Alhamdulillah Hari ini adalah hari yang istimewa bagi kita yang semua, sebagai Umat Muslim, sebagai Rakyat Aceh dan sebagai bangsa Indonesia. Setiap tahun10 November kita peringati sebagai Hari Pahlawan mengenang peristiwa pertempuran dahsyat 10 November 1945 di Surabaya, saat pejuang kemerdekaan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari serangan tentara Inggris. Takbir “ALLAHU AKBAR” yang di teriakkan Bung Tomo telah mampu membakar semangat para pejuang Indonesia waktu itu, walau 6 ribu pejuang gugur dan syahid di medang perang.
“Alfatihah untuk para pejuang kita.”

Sahabat, di hari Jumat penuh Barakah ini izinkan saya berbagi tulisan, tentang “Siapakah Sosok Pahlawan” dalam kehidupan kita.

1. Pahlawan itu adalah Para Pejuang, yang dengan perjuangannya kita bisa menikmati kemerdekaan hakiki. Mereka yang telah berperang, bertempur, berjihad dengan setiap tetes darah memperjuangkan Agama dan Bangsa. Sejenak kita mengenang perjuangan Rasulullah Sallallahu alaihi wa Sallam dan para Sahabat memperjuangkan Islam pada awal perkembangannya. Bagaimana para pejuang Aceh, Sultan Iskandar Muda, Teuku Umar, Teungku Chik Di Tiro, Cut Nyak Dhien, Cut Meutia, Laksamana Malahayati dan para pejuang kemerdekaan Aceh mempertahankan setiap jengkal tanah Nanggroe dari penjajajah. Juga pejuang lainnya di tanah Air seperti Pangeran Diponegoro, Tuanku Imam Bonjol, Jendral Sudirman, Bung Tomo. Mereka semua adalah Pahlawan yang jasanya tak akan mampu kita balas kecuali dengan mengisi pembangunan.

2. Orang tua kita adalah Pahlawan. Pernahkah kita merenungi bagaimana perjuangan seorang ibu saat mengandung kita selama 9 bulan. Beliau menderita menahan beban, susah beraktifitas, sulit makan, sulit melaksanakan Shalat dan kadang meninggalkan puasa. Hingga berjuang antara hidup dan mati saat melahirkan kita. Bagaimana pula seorang Ayah yang bekerja banting tulang siang malam demi memberi makan dan membiayai pendidikan kita. Orangtua kita adalah Pahlawan.

3. Tuan Guru dan para ulama kita adalah Pahlawan, yang telah berjuang melawan Kebodohan, dengan memberikan ilmu kepada kita. Maka sangatlah sombong dan angkuh, jika ada diantara yang sudah bersekolah tinggi lalu merasa lebih pintar dan berpendidikan dari para guru-gurunya. Banyak kita temui seorang yang sudah kuliah hingga universitas hebat di luar negeri, lalu menganggap remeh para ustadz dan teungku di balai-balai pengajian kecil bahkan para Ulama, yang dulu pernah mengajarinya mulai Alif Ba Ta. Sungguh Jasa Guru tidak mampu kita balas dan mereka adalah Pahlawan.

4. Pemimpin Kita adalah Pahlawan. Yaitu pemimpin yang saat memiliki kekuasaan telah membangun daerah, bangsa dan mensejahterakan Rakyat. Pemimpin yang menjalankan amanah kepemimpinannya dengan jujur dan bijaksana. Mereka adalah Pahlawan.

5. Pemuda yang peduli terhadap Sesama adalah Pahlawan. Alhamdulillah saat ini banyak sosok muda di Aceh yang begitu peduli pada sesame, di bidang social dan kemanusiaan. Baik secara mandiri maupu membentuk kelompok dan komunitas, mereka menjadi relawan  membantu sesama tanpa pamrih dan tanpa tujuan khusus kecuali kepedulian dan mengharap Ridha Allah. Mereka adalah Pahlawan.

6. Anda adalah Pahlawan. Kita semua bisa menjadi pahlawan dengan segala jenis perjuangan yang dapat kita laksanakan sesuai kemampuan apapun profesi anda. Selama itu dilandasi keikhlasan dan jihad dengan niat semata karena Allah.

Allah berfirman :

انْفِرُوا خِفَافًا وَثِقَالاً وَجَاهِدُوا بِأَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ فِي سَبِيل اللَّهِ
Artinya: “Berangkatlah kalian baik dalam keadaan merasa ringan ataupun berat, dan berjihadlah kalian dengan harta dan jiwa kalian di jalan Allah.” (QS. At-Taubah [9]: 41)

Selamat hari Pahlawan
Salam Jumat Mubarakh
Abi H. Akmal Hanif.Lc
Ketua Umum Komunitas Solidaritas Dhuafa Aceh (KSDA), CEO Elhanief Group

Dikutip dari : Motivasi Jumat Akmal Hanif
Edisi III, 21 Shafar 1439 H – 10 November 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here