KSDA dan Elhanief Travel akan Gelar Lomba Masjid Terbersih Berhadiah Umrah

Memeriahkan tahun baru Islam 1439 Hijriah, Komunitas Solidaritas Dhuafa Aceh (KSDA) korwil Aceh Timur  akan menggelar perlombaan Masjid terbersih dikabupaten tersebut. Hal ini disampaikan ketua umum KSDA pusat Akmal Hanif, dalam konferensi Pers dengan sejumlah wartawan, kamis (21/9), yang digelar disalah satu cafe Kota Idi, Aceh Timur.
Menurut Akmal Hanif, berdasarkan hasil survey yang dilakukan selama ini oleh lembaganya banyak masjid yang kurang terperhatikan oleh kalangan masyarakat, salah satunya bidang kebersihan. Sehingga mereka dari KSDA berinisiatif menggelar perlombaan masjid terbersih seluruh pemukiman di Aceh Timur.
“Dari hasil survey kami kebanyakan masjid di Aceh Timur kurang terperhatikan bidang kebersihan, sehingga dalam rangka 1 Muharam 1439 Hijriah KSDA Aceh Timur berencana menggelar perlombaan masjid terbersih di wilayah Aceh Timur,” ungkap Akmal Hanif.
Menurut Akmal Hanif, pihaknya juga berencana akan menggelar sosialisasi sebelum mengelar perlombaan tersebut, caranya mereka akan mensosialisasikan acara tersebut rencananya akan dilaksanakan dari tanggal 21 September hingga 05 November 2017, kemudian dari tanggal 05-20 November KSDA Aceh Timur baru akan mengadakan perlombaan masjid terbersih di Aceh Timur. Untuk sistem penilaian dalam lomba itu pihaknya akan menggait beberapa dewan juri independen dari berbagai kalangan di Aceh Timur.
“Insya Allah kita akan sosialisasikan terlebih dahulu, kemudian baru pada tanggal 05-20 November 2017 kita akan gelar acaranya,” sambung Akmal Hanif.
Untuk measjid terbersih dan terbaik nantinya KSDA Aceh dan Aceh Timur akan memberikan hadiah juara pertama berupa paket umrah ke tanah suci bagi Masjid yang terbersih atau juara pertama.
“Juara pertama kita berikan berupa paket umrah ke tanah suci kepada masjid yang memperoleh nilai terbaik atau juara pertama, dan kemudian piala kedua kita akan berikan berupa sajadah, kipas angin dan lainnya penilaian juga akan kita katagori 6 juara yaitu juara 1 sampai dengan juara harapan tiga, jadi totalnya 6 masjid yang akan menjadi juara dalam lomba kita gelar,” kata Akmal Hanif.
KSDA akan menilai masjid yang ada diseluruh pemukiman di Aceh Timur, bukan masjid yang ada di Kecamatan. Dengan harapan agar masjid pemukiman lebih mendapat perhatian kedepan.
“Kita nilai masjid yang ada dipemukiman, bukan masjid antar kecamatan. Tujuannya agar masjid dipemukiman lebih bersih, kalau masjid dikecamatan rata-rata sudah bersih,”  kata Akmal Hanif.
Sementara itu dari keterangan ketua KSDA Aceh Timur Muhammad Saiful. hingga saat ini ada Tiga Kecamatan yang belum dapat di koordinir oleh  KSDA yaitu Kecamatan Simpang Jernih, Serba Jadi, dan Peunaroen. Karena hingga saat ini KSDA belum memiliki anggota perwakilan di kecamatan tersebut.
“Untuk menggelar kegiatan ini kita juga sudah memohon restu dan petunjuk dari bupati Aceh Timur.” sebut Saiful.
(sumber : Lensa Aceh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here